-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sejumlah Santri Dayah Dilatih Pendalaman Ilmu Falaq

Senin, 20 Mei 2024 | 03.26 WIB | Last Updated 2024-05-20T10:26:17Z
Banda Aceh - Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Dr. Munawar, MA membuka Kegiatan Bimbingan/ Pendidikan Ilmu Falaq bagi Santri Dayah, Senin, 20 Mei 2024, di Hotel Diana Banda Aceh.

Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang peserta dengan tema “Aktualisasi Ilmu Falaq bagi Santri di Era Digitalisasi” yang akan berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 20 s.d 22 Mei 2024.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Dr Munawar, MA dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini yaitu untuk memberikan pemahaman ilmu falaq atau bahasa ilmiahnya ilmu astronomi dalam rangka menambah wawasan khazanah keilmuan pengetahuan agama,  pendidikan islam dan penegakan syariat islam serta penyeragaman pemahaman penetapan arah kiblat dan penetapan hari-hari besar islam, ujarnya.

Dr Munawar juga berharap setelah mengikuti pelatihan para peserta dapat menguasai ilmu falaq secara benar sehingga bisa mempratekkan dalam kehidupan Masyarakat. 

"Saat ini orang yang memahami dan mengetahui tentang ilmu falaq ini sangat terbatas, maka kami harapkan agar para peserta dapat memaksimalkan lagi pendalaman ilmunya, tidak terbatas pada pelatihan beberapa hari ini saja, harap  Munawar. 

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Santri Irwan SHi M.Si menginformasikan para peserta nantinya akan dibawa ke lokasi pemantauan di Observatorium Hilal Tgk Chiek Kuta Karang Lhoknga, Aceh Besar.[]
close