-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

RAPAT KERJA DALAM RANGKA PROGRAM ALTERNATIF DEVELOPMENT DENGAN STAKEHOLDER KAB. BIREUEN.

Sabtu, 04 Maret 2023 | 18.53 WIB | Last Updated 2023-03-05T02:53:49Z


BIREUEN - Telah berlangsung kegiatan rapat kerja dalam rangka program Alternatif Development dgn Stakeholder Kab. Bireuen tahun 2023, yang bertempat di Ofroom kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Bireuen Desa. Cot Gapu Kec. Kota Juang Kab. Bireuen. Selasa (28/2/2023).


Kapolres Bireuen AKBP Mike Hardy Wirapraja, S.I.K., M.H., melalui Kasat Narkoba IPTU Samsul Bahri, S.H., mengatakan dalam rangka program alternatif development BBN Kab. Bireuen, diharapkan dengan adanya kegiatan ini mampu mengoptimalkan peran masing-masing badan & dinas, kecamatan dan perangkat desa dalam mencegah laju angka Prevalensi penyalahgunaan narkotika dan kultivasi ganja di Kab. Bireuen.


Menurut hasil survey yang dilaksanakan BNN pada tahun 2021, diketahui bahwa penyalahgunaan narkoba di Indonesia sebesar 1,95% atau sekitar 3,6 juta orang dengan kategori setahun pakai, sementara itu pada kategori pernah pakai sebesar 2,57% atau sekitar 4,8 juta orang.


Fakta kerawanan kawasan rawan narkoba di Aceh juga ditunjukkan dengan banyaknya entry point narkoba sebanyak 29 titik, kawasan rawan narkoba 84 lokasi, ditemukannya clandestine laboratory jenis shabu, pengungkapan penyelundupan shabu berpuluh-puluh kilogram, banyaknya kasus yang melibatkan wanita sebagai kurir dan banyaknya tangkapan kurir narkoba warga Aceh.


Bahwa Pemerintah sejak tahun 2008 telah memperkenalkan program Alternative Development, sebagai terobosan percepatan pembangunan bagi pembangunan Aceh yang mandiri, sejahtera, dan berkelanjutan. Khususnya untuk Kabupaten Bireuen yang menjadi salah satu daerah pilot project dalam program Grand Desain Alternative Development (GDAD) sebagai program pengurangan dampak buruk narkoba melalui pendekatan kesejahteraan danberkelanjutan.


Kegiatan dilanjutkan pemberian materi yang terdiri dari: Optimalisasi APBG dalam implementasi pencegahan penyalahgunaan narkoba di Gampong oleh Asisten 1 Sekdakab Bireuen. Peran strategis Polri dalam implementasi P4GN di Gampong dalam mewujudkan Desa bersinar oleh Kasat Narkoba Polres Bireuen, Implementasi P4GN dalam bingkai bela negara oleh Pasi Intel Kodim 0111/Bireuen.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain: Asisten I Sekdakab Bireuen, Mulyadi. SH, Kepala BNN Bireuen, AKBP Trisna Sapari Yandi. SE. SH, Pasi Intel Kodim 0111/Bireuen, Kapten Inf Adi, Pasi Ops Kodim 0111/Bireuen, Kapten Inf Agus Supriyanto, Kasat Narkoba Polres Bireuen, Iptu Samsul Bahri. SH, Camat Kota Juang, Juli, Kuta Blang dan Kuala, Danramil/Danposramil 01/Kota Juang, 05 Juli, 08/Kuta Blang dan Kuala, Para Keuchik, tuha Peut dan perangkat Desa, Para Personel dan Staf BNN Bireuen .


Kegiatan rapat kerja dalam rangka program alternatif development dengan Stakeholder Kab. Bireuen dihadiri ± 50 orang. Sit berjalan dalam keadaan aman dan lancar.

close