-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ground Breaking PLTM Pantan Cuaca, PLN Hadirkan Energi Ramah Lingkungan di Gayo Lues

Kamis, 29 September 2022 | 21.09 WIB | Last Updated 2022-09-30T04:09:46Z


Gayo Lues - 30 Agustus 2022, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Aceh bersama dengan Pemerintah Gayo Lues dan PT. Konstruksi Hidro Jaya selaku pelaksana proyek pembangunan, mengadakan peresmian Ground Breaking Proyek PLTM Pantan Cuaca sebagai tindaklanjut Proyek Strategis Nasional dalam hal Program EBT (Energi Baru Terbarukan), Gayo Lues, 29/9/2022.

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Gayo lues, H. Muhammad Amru, Mr. Kim Hye Sung selaku Vice Presiden Dohwa Engineering PT Hidro Jaya Konstruksi (HJK) beserta wakil, General Manager PLN Aceh Parulian Noviandri, dan Manager UP3 Langsa Andi Seno Hendriatmoko beserta jajarannya. 

Agenda ini merupakan wujud komitmen PLN UIW Aceh dan Pemerintah Kabupaten Gayo Lues dalam mendukung Proyek Strategis Nasional yang telah ditetapkan oleh Kementerian ESDM yaitu memproduksi energi dengan Pembangkit yang Ramah Lingkungan.

“Kehadiran PLTM ini 4,5 MW ini memang ditunggu. Pembakaran minyak fosil memang paling cepat tetapi mahal secara oprasional ditambah harga bakar fosil mahal. Apabila PLTM Pantan Cuaca 4,5 MW berproses akan menswitch dari sebelumnya bahan bakar fosil ke energi terbarukan,” ujar Genenal Manager UIW Aceh, Parulin Novriandi.

PLTM Pantan Cuaca terletak di desa Kenyaran, Kec. Pantan Cuaca, Gayo Lues, dengan daya mampu 2x2,25 MW, dimana pekerjaan pembangunan Power House yang berguna untuk pengoperasian turbin PLTMH sudah dimulai sejak Agustus 2022. 

Bupati Gayo lues, H. Muhammad Amru mengapresiasi baik hadirnya PLTM Pantan Cuaca. Ia berharap dapat kehadiran PLTM Pantan Cuaca menghadirkan manfaat bagi masyarakat.

“Saya yakin kehadiran PLTM ini mampu memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, khususnya di kampung kenyaran ini dan juga Gayo Lues pada umumnya, seperti ketersediaan listrik, lapangan kerja dan juga akses jalan.“

Kelak, PT HJK menjalani kontrak selama 25 tahun untuk mengelola pengoperasian PLTM Pantan Cuaca tersebut.

"Saya berterimakasih telah mempercayakan pengelolaan PLTM Pantan Cuaca kepada PT. Hidro Jaya Konstruksi" ucap Baek Seung Wan selaku Direktur Utama PT HJK saat memberikan kata sambutan. 

Sebelumnya, PT Hidro Jaya Konstruksi telah ditetapkan sebagai pemenang lelang kuota PLTM Tersebar 4,5 MW di Gayo Lues yang dilaksanakan oleh PLN UIW Aceh. Dicanangkan, projek tersebut akan siap pada tahun 2024 mendatang.
close